Banner Header

Pelaksanaan Pemungutan Suara Di Bulungan Berjalan Lancar

redaksi

Proses pemungutan suara di salah satu TPS Di Kabupaten Bulungan.
Proses pemungutan suara di salah satu TPS Di Kabupaten Bulungan.

BULUNGAN – Pelaksanaan pemungutan suara hingga penghitungan surat suara di Kabupaten Bulungan telah selesai. Meski ada sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang melaksanakan pengitungan hingga dini hari bahkan sampai pagi tadi. namun secara keseluruhan berjalan aman dan lancer.

“Alhamdulillah KPU Bulungan kemarin telah melaksanakan pemilihan pemungutan suara dan perhitungan suara sampai dengan pagi ini tadi baru selesai,”Ketua KPU Bulungan Lili Suryani kepada Kaltara News, Kamis (15/2/2024).

Ia mengatakan secara keseluruhan pelaksanaan pemungutan suara dan pengitungan surat suara oleh petugas KPPS berjalan lancer. Meski demikian pihaknya tetap menemukan adanya keluhan dari masyarakat yang ingin memilih. Tapi tidak memiliki surat keterangan pindah memilih.

Baca juga  Bawaslu Bulungan Siap Kawal Distribusi Logistik Ke TPS

“Jadi pemungutan suara secara umum berlangsung dengan baik. Walaupun ada kendala-kendala yang ada di lapangan terhadap kategori-kategori pemilih yang banyak mau memilih tapi tidak memenuhi syarat. Karena tidak ada surat pindah pemilih yang berasal dari KTP luar tapi sudah kita sudah sampaikan ke KPPS, walaupun ada kendala sedikit tapi pemungutan  suara berjalan sebagaimana mestinya,” jelasnya.

Begitu juga dengan proses penghitungan surat suara yang di ulang di beberapa TPS karena kesalahan teknis. Seperti surat suara masuk kotak lain sehingga terjadi selisih. Kemudian kehatian-hatian petugas KPPS dalam melakukan penghitungan sehingga cukup lama. Dari berbagai kendala tersebut, semuanya bisa di selesaikan dengan baik dan berjalan lancar.

“Nah proses perhitungan suara ini sampai dengan rata-rata jam 4 subuh itu baru selesai, ada yang pagi baru selesai. Jadi memang kendala kita adalah KPPS kita yang dalam perhitungan secara hati-hati sehingga tidak terjadi proses-proses perhitungan yang salah di TPS. Dalam arti KPPS tetap menjaga suara-suara dari calon yang ada,” ungkapnya.

Baca juga  Harga Beras Di Bulungan Naik

“Sampai hari ini sih nda ada laporan, cuman aga lambat karena ada yang di hitung ulang, selisih sedikit, ternyata ada masuk di kotak yang lain dan sebagainya. Jadi memang semuanya berproseslah yang di lakukan KPPS,” lanjutnya.

Lili menambahkan proses rekapitulasi surat suara lambat selesai hari ini, Kamis 15 Februari. Setelah itu seluruh logistik bergeser ke masing-masing Kantor Kelurahan. (redaksi)

Baca Juga