Banner Header

Ratusan Surat Suara Di Bulungan Rusak

redaksi

BULUNGAN – Komisi pemilihan umum kabupaten bulungan telah menyelesaikan pelipatan surat suara pemilu 2024. Selama proses pelipatan surat suara tersebut ada ratusan surat suara yang ditemukan rusak.

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani mengatakan pelipatan surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten pihaknya telah selesai pada Jumat malam, (12/1/2024).

“Jadi untuk proses pelipatan surat suara untuk KPU Bulungan saat ini sudah selesai sampai tadi malam dengan surat suara Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten,” ujarnya kepada Kaltara News, Sabtu (13/1/2024).

Baca juga  Distribusi Logistik Pemilu 2024 Ke Bulungan Sudah 95 Persen

Dalam proses pelipatan itu pihaknya menemukan ratusan surat suara yang rusak mulai dari surat suara Presiden dan Wakil Presiden hingga surat suara DPRD Kabupaten semua ada yang rusak.

Pihaknya masih melakukan penghitungan terhadap jumlah keseluruhan surat suara yang rusak untuk kemudian dilaporkan ke KPU Provinsi lalu disampaikan ke pihak percetakan untuk dilakukan penggantian.

“Untuk semuanya kita dapatkan kerusakan tapi kita masih hitung, total keseluruhan masih proses perhitungan dari jumlah yang dilipat. Dari situ nanti baru kita laporkan ke KPU Provinsi, jika ada kekurangan-kekurangan yang dibutuhkan terkait hasil proses lipat dan sortir,” terangnya.

“Kalau Presdien cukup tidak ada sih, DPD juga tidak terlalu banyak. Kemudian DPRD Provinsi yang agak banyak sama DPRD Kabupaten, tapi nda sampai ribuan sih, ratusan aja,” sambungnya.

Lebih lanjut Lili mengungkapkan saat pihaknya tengah melakukan penghitungan ulang terhadap surat suara yang telah dilipat. Selain itu pihaknya juga melakukan persiapan lainnya yakni memberi identitas Kotak Suara dan sortir formulir.

Baca juga  KPU Bulungan Lakukan Penghitungan Suara Ditingkat Kecamatan

“Saat ini kita persiapan sortir dan menghitung kembali jumlahnya, berapa jumlah surat suara yang ada. Kemudian merakit kota suara menulis identitas sama sortir untuk semua formular,” ungkapnya.

Lili mengungkapkan finalisasi logistik Pemilu 2024 ditargetkan selesai akhir bilan ini, sedangkan pendistribusian surat suara dilakukan pada H-3 untuk wilayah terluar atau wilayah yang sulit dijangkau dan H-1 untuk wilayah terdekat. “Dari KPU target kita akhir bulan, pendistribusian H-3,” tambahnya. (redaksi)

Baca Juga