Banner Header

DP4 Bulungan Bertambah Menjadi 115.677 Pemilih, Tiga Wilayah Ini Penyumbang Tertinggi

redaksi

Proses pemungutan suara di salah satu TPS Di Kabupaten Bulungan.
Proses pemungutan suara di salah satu TPS Di Kabupaten Bulungan.

BULUNGAN – Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) di Kabupaten Bulungan mengalami penambahan dibandingkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir. Hal itu dipastikan pacsa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan menerima DP4 dari KPU Provinsi Kaltara.

Anggota KPU Bulungan Divisi Perencanaan Data dan Informasi Mistang mengatakan penyerahan DP4 tersebut dilakukan pada 18-19 Mei ke seluruh KPU kabupaten/kota termasuk di Bulungan. Hasilnya ada penambahan sekitar ribuan pemilih.

“Nah untuk Kabupaten Bulungan itu menerima data DP4 atau data sementara yang belum dilakukan proses coklit itu sebanyak 115.677 pemilih. Selanjutnya adalah kita sandingkan dengan DPT terakhir yang jumlahnya 112.128 pemilih. Kalau kita lihat kenaikannya ada sebanyak 3.539 penambahan jumlah data pemilih,” ujarnya kepada Kaltara News, Senin (27/5/2024).

Baca juga  Pengguna IKD Di Kaltara Baru 10 Persen

Ia mengungkapkan adanya penambahan pada DP4 itu salah satunya karena adanya arus urbanisasi. Apalagi Bulungan memiliki sejumlah proyek strategis nasional (PSN) sehingga banyak masyarakat luar Kaltara yang masuk untuk bekerja terutama di Bumi Tenguyun.

“Kalau penambahannya bisa saja karena pergerakan penduduk, salah satunya di Bulungan ada Perusahaan skala nasional,” ungkapnya.

Ia menyebutkan ada tiga wilayah yang mengalami penambahan jumlah pemilih yang cukup signifikan dibandingkan pada pemilu sebelumnya, yakni Kecamatan Tanjung Selor, Tanjung Palas Timur, dan Tanjung Palas.

“Karena memang kalau kita lihat di Pemilu kemarin Tanjung Selor itu kan DPT 41 ribu, nah ini DP4 bertambah menjadi 43 ribu, termasuk di Tanjung Palas Timur itu jumlah pemilih DPT kemarin 13 ribu sekarang di DP4 naik menjadi 14 ribu lebih. Jadi ada tiga kecamatan termasuk Tanjung Palas tapi tidak terlalu signifikan kenaikannya tapi ada kenaikan,” sebutnya.

Baca juga  Pemkab Bulungan Luncurkan Rumah Produksi Coklat

Mistang menambahkan DP4 yang sudah masuk dimungkinkan berubah sebab masih akan melalui proses pencermatan hingga pemutakhiran data pemilih sebelum ditetapkan menjadi DPT untuk Pilkada 2024. “Kalau pengalaman kita kemarin di Pemilu itu potensi ada berubah, potensinya ada kenaikan,” tambahnya. (redaksi)

Baca Juga