Banner Header

KPU Bulungan Mulai Distribusikan Logistik Ke Wilayah Terjauh

redaksi

Proses pendistribusian logistik pemilu 2024 diwilayah Kabupaten Bulungan, Senin (12/2/2024).
Proses pendistribusian logistik pemilu 2024 diwilayah Kabupaten Bulungan, Senin (12/2/2024).

BULUNGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan mulai melakukan pendistribusian logistik pemilu Senin 12 Februari 2024. logistik itu didistribusikan ke wilayah terluar dan terjauh.

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani mengatakan pendistribusian logistik dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama dimulai hari ini dengan tujuan wilayah terluar dan terjauh. Sedangkan untuk wilayah terdekat dilakukan pada H-1 pemungutan suara. Total ada 6 kecamatan yang mulai didistribukan logistic.

“Hari ini KPU Kabupaten Bulungan baru memulai distribusi logistic untuk 6 kecamatan yang terjauh, terluar dan terpencil. Itu 6 kecamatan baik jalur laut, Sungai, maupun jalur darat. Saat ini kita dikawal kepolisian atau pihak keamanan,” ujarnya kepada Kaltara News, Senin (12/2/2024).

Baca juga  Jum'at Curhat Polda Kaltara Gelar Silaturahmi dan Ngopi Bareng

“Jadi Bunyu, Tanjung Palas Timur, Peso, Peso Hilir, Sekatak, dan Tanjung Palas Utara. Itu H-2 sampai ke desa, besok (H-1) mereka geser ke TPS masing-masing. Jadi ada yang langsung kecamatan ada yang langsung ke desa,” sambungnya.

Secara terpisah Ketua KPU Kaltara Suryanata Al Islami mengatakan beberapa kabupaten sebelumnya telah melakukan pendistribusian logistik pemilu 2024 ke wilayah terluar dan terdalam.

Terkait logsitik kaltara pertama kami ingin menyampaikan bahwa pertama daerah ini kita cukup luas. Kemudian daerah kita ini tidak semua bisa diakses melalui jalur darat. Maka kemudian beberapa hari yang lalu kita sudah mulai distribusi logistic khususnya di Kabupaten Nunukan. Untuk lima kecamatan di Krayan, kita sudah mulai mendistribusikan pada tanggal 3 Februari yang lalu,” terangnya.

“Untuk selanjutnya setelah diturunkan Long Bawan, selanjutnya didistribusikan ke 4 kecamatan yang lain. Kemudian di Kabupaten sudah melakukan distribusi logistic pada 8 Februari yang lalu untuk daerah terjauh. Sementara daerah yang lain tinggal menyesuaikan,” sambungnya.

Baca juga  100 Orang Disiapkan Untuk Lipat Surat Suara

Lebih lanjut suryanata mengungkapkan pendistribusian logistik lebih awal karena karakteristik wilayah kaltara tidak semua bisa diakses menggunakan jalur darat. Sebagian hanya bisa di akses menggunakan transportasi udara dan Sungai.

“Untuk kabupaten Bulungan ini hari pertama pendistribusian logistic, besok dilanjutkan lagi daerah-daerah terdekat sambil memperhatikan kondisi cuaca yang. Alhamdulillah sejauh ini kesiapan logistic kita 100 persen tinggal didistribusikan saja,” imbuhnya. (redaksi)

Baca Juga