Banner Header

Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan Berjalan Lancar

redaksi

BULUNGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan telah menyelesaikan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani mengatakan sebanyak 10 Kecamatan telah melakukan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara. Selain melakukan rekapitulasi secara manual, pihaknya juga melakukan rekapitulasi menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (SIREKAP).

“Jadi untuk KPU Bulungan sudah melaksanakan pleno di 10 kecamatan. Berjalan lancar tidak ada kendala di lapangan, 7 kecamatan menggunakan aplikasi SIREKAP dan 3 kecamatan ofline,” ujarnya kepada Kaltara News, Sabtu (24/2/2024).

Baca juga  100 Orang Disiapkan Untuk Lipat Surat Suara

“Sehingga hasilnya sudah ada semua, dan sudah kita unggah di SIREKAP. Tinggal nanti KPU Kabupaten menetapkan pleno rekapitulasi tinggkat Kabupaten,” sambungnya.

Ia mengungkapkan dalam proses rekapitulasi itu sempat terjadi selisih suara antara petugas KPU dengan saksi sehingga di lakukan penghitungan suara ulang. Namun secara keseluruhan proses Reakpitulasi tersebut berjalan aman dan lancar.

Baca juga  Ratusan Surat Suara Di Bulungan Rusak

“Di Kecamatan itu ada dan di selesaikan dengan cara menghitung ulang. Kan kalau untuk rekapitulasi itu plano di buka. Tapi kalau misalnya ada selisih dan memang sangat signifikan itu kita, teman-teman saksi kesepakatan menghitung ulang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Lili mengungkapkan pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk teknis atau juknis dari kpu ri untuk melakukan proses Rekapitulasi tingkat Kabupaten. “Kita masih menunggu Juknis dari KPU RI untuk pleno tingkat Kabupaten,” imbuhnya. (redaksi)

Baca juga  Anggota KPPS Di Kaltara Dilindungi BPJS

Baca Juga