Banner Header

Pasar Rakyat Bakal Difungsikan Bulan Ini

redaksi

BULUNGAN – Setelah kurang lebih dua tahun tak kunjung difungsikan, Pasar Rakyat yang terletak di Kawasan Pasar Induk Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan rencananya mulai difungsikan Bulan ini. Pasar yang dibangun pada tahun 2021 itu akan ditempati oleh pedagang buah untuk berjualan.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Bulungan Errin Wiranda menjelaskan selama ini Pasar Rakyat belum difungsikan lantaran terkendala dengan fasilitas lahan parkir, air, dan jaringan Listrik. Namun saat ini fasilitas tersebut telah disiapkan sehingga sudah bisa difungsikan.

Pasar itu akan ditempati kurang lebih 100 pedagang buah yang telah dilotre di tahun 2023. Mereka sebelumnya berjualan di pasar agro dan sejumlah tempat yang berada di Kawasan Pasar Induk. Nantinya tidak adalagi padagang buah yang berjualan di tempat lain selain di Pasar Rakyat. Hal itu dilakukan agar kondisi Pasar terbesar di Bulungan ini lebih tertata.

Baca juga  100 Orang Disiapkan Untuk Lipat Surat Suara

“Nanti dilihat, itu sudah dilot sudah di undi tinggal penempatan, tinggal listrik sama air sama parkir. Itu nanti dilihatlah data-datanya, jadi kalau kemarin tuh kan pedagang semua didata untuk pindah ke situ untuk satu tempat berjualan buah, Kurang lebih 100” ujarnya kepada Kaltara News belum lama ini.

Baca juga  Anggota KPPS Di Kaltara Dilindungi BPJS

Lebih lanjut Errin Wiranda mengungkapkan untuk menata pasar induk menjadi lebih baik pihaknya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis akan melakukan penambahan beberapa fasilitas, termasuk penataan los pasar, serta jalur keluar masuk kendaraan akan dibenahi demi memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi parkir. semuanya telah tersusun  dalam Master Plan 2023.

“Ini kan kami tahun 2023 kan kemarin ada reviuw master plan pasar induk. Itu salah satu penyampaian bupati dan pak sekda bagaimana penataan di pasar induk lebih baik lagi salah satunya ada rencana penambahan-penambahan. Kemudian penataan di los losnya di ruko kita melakukan penataan itu nanti sesuai kapasitas penganggaran mungkin dari OPD teknis yang nanti memfasilitasi. Reviunya master plan ada di kita. Jadi untuk sementara ini kegiatan kita kerjasama dengan pengelola parkir. Itu kami sudahkan kita rapatkan untuk pengaturan lebih baik lagi, penambahan petugas. Pelan pelan kita lakukan penataan,” jelasnya. (redaksi)

Baca juga  Ratusan Surat Suara Di Bulungan Rusak

Baca Juga