Banner Header

TMMD Ke 119 Resmi Ditutup, Seluruh Pengerjaan Tuntas 100 Persen

redaksi

TANJUNG SELOR – Pelaksanaan TMMD ke-119 di wilayah Kodim 0903/Bulungan resmi ditutup. Upacara penutupan dipimpin oleh inspektur upacara, Danrem 092/Maharajalila, Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bulungan, Rabu (20/3).

Danrem 092/Maharajalila, Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan menjelaskan, TMMD merupakan operasi bakti TNI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat yang dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat.

Ini dilaksanakan  untuk membantu Pemda  meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun infrastruktur serta membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kehidupan berbangsa maupun bernegara dalam rangka kepentingan pertahanan serta tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI Rakyat.

 “Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara,” katanya.

Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.

TMMD, sambung Adek, dilaksanakan serentak selama 30 hari di wilayah Kodim 0912/Kutai Barat, Kodim 0903/Bulungan,  Kodim 1005/Barito Kuala dan Kodim 1007/Banjarmasin dengan mengambil tema ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah’.

Baca juga  270 Honorer Di Bulungan Terima SK PPPK

“Tema ini mengandung makna adanya sinergi antar instansi serta partisipasi masyarakat dan semua komponen bangsa secara total, untuk mewujudkan akselerasi pembangunan di wilayah demi kesejahteraan masyarakat dan terdukungnya pertahanan darat yang tangguh, untuk membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini jendral bintang satu ini menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh Satgas TMMD di jajaran Kodam VI/Mulawarman yang telah dapat mewujudkan pencapaian sasaran sesuai dengan rencana dan waktu yang telah ditetapkan.

“Alhamdulillah, untuk pekerjaan fisik progresnya sudah 100 persen,” bebernya.

Adapun pembangunan fisik pada kegiatan TMMD ke-119. Yakni, pembukaan badan jalan sepanjang 18.000 meter (m). Pengerasan badan jalan sepanjang  1.300 m.  Semenisasi jalan sepanjang 638,6 m. Pembangunan rumah tidak laya huni (RTLH) sebanyak 1 unit. Pembuatan mandi, cuci, kakus (MCK) sebanyak 3 unit. Pembuatan WC umum sebanyak 8 unit.

Baca juga  Paslon Nomor Urut 2 Unggul Di Kaltara

Pembuatan sumur bor sebanyak 3 unit. Pembuatan tempat wudu sebanyak 2 unit. Pembuatan pos kamling sebanyak 2 unit. Pembukaan lahan pangan seluas 44 heltare (ha). Rehab gereja sebanyak 1 unit.

Rehab RTLH sebanyak 6 unit. Rehab musala sebanyak 3 unit. Pemasangan gorong-gorong sebanyak 2 unit. Pemasangan           jembatan        sementara sebanyak 1 unit. Pembersihan Sungai sebanyak 1 lokasi. Pembersihan       pasar   dan     selokan sebanyak 3 lokasi. Penanaman         pohon sebanyak        1500 batang. Pembuatan jembatan sebanyak 6 unit. Pengecatan Gereja GKII sebanyak 1 unit dan pendampingan     ketahanan      pangan panen Padi.

“Sedangkan pencapaian hasil program kegiatan non fisik berupa pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang bela negara, rekrutmen TNI, wawasan kebangsaan, kamtibmas, hukum, bahaya narkoba, bencana alam, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta mengenai ilmu tentang perikanan, pertanian, peternakan dan lingkungan hidup, Posyandu dan Posbindu PTM (penyakit tidak menular) serta penanganan stunting sudah semakin meningkat sehingga membantu dalam mensukseskan pelaksanaan program pemerintah,” bebernya.

Baca juga  DBH Pajak Daerah Naik 15 Persen, Bulungan Tertinggi

Dalam hal ini, Adek  mengaku sudah berkoordinasi dengan bupati. Diharapkan,  badan jalan yang sudah terbuka bisa ditingkatkan oleh Pemda Bulungan. “Kami berharap akses jalan itu bisa ditingkatkan. Sehingga, bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” ungkapnya.

Sementara itu, Pamen Ahli Bidang OMP Pangdam VI/Mlw Kolonel Inf Agus Supriyanto mengaku baru pertama ke Bulungan. Namun, setelah melihat paparan dari Dandim 0903/Bulungan telah terjadi kemanunggalan antar TNI dan rakyat.

“Saya berharap TMMD ini bisa terus berlanjut,” singkatnya.

Bupati Bulungan, Syarwani berharap melalui TMMD lebih memperkuat semangat kemanunggalan antar TNI dan masyarakat. Diharapkan, hal ini dapat terus berkelanjutan.

“Dengan adanya pembukaan badan jalan ini pastinya akan menjadi perhatian kami untuk ditingkatkan,” ujarnya.

Mengingat, badan jalan ini merupakan akses pendekat masyarakat di Desa Gunung Seriang, Kecamatan Tanjung Selor, Bulungan. Begitu juga warga di Hulu Sungai Kayan.

“Kalaupun tidak bisa diaspal minimal di agregat. Sehingga, badan jalan itu bisa tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Sumber: Kodim 0903 Bulungan

Baca Juga