Banner Header

Gubernur Himbau Jaga Kondusifitas Pilkada

redaksi

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara,Dr. (H.C.) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum., menghadiri sekaligus memberikan sambutannya pada Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara, Selasa (14/5).

Gubernur atas nama pribadi dan pemprov mengapresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan tersebut sebagai penanda dimulainya proses panjang dan penuh tantangan namun penuh dengan harapan bagi Kaltara kedepannya.

“Ini adalah momen di mana seluruh warga Kalimantan Utara berkesempatan untuk dapat berpartisipasi secara aktif menentukan arah dan masa depan Provinsi Kaltara,” kata Gubernur, Selasa (14/5) malam.

Baca juga  100 Orang Disiapkan Untuk Lipat Surat Suara

Di mana pemilukada akan digelar secara serentak pada 27 November mendatang. Pemprov Kaltara, kata Gubernur, turut memastikan seluruh tahapan pemilu yang berada di wilayah Kaltara berjalan secara kondusif dan damai.

“Beberapa hal sudah kami lakukan, di antaranya penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltara tantang pendanaan pilkada 2024 dengan total hibah sebanyak Rp151.752.477.800, masing-masing untuk KPU Rp128.029.355.800, dan untuk Bawaslu Rp23.723.122.000,” jelas orang nomor satu di Kaltara ini.

Selain itu Gubernur juga memastikan netralitas para abdi negara yang bekerja di lingkungan pemprov melalui surat edaran Gubernur nomor 100.3.4/4583/BKD/GUB 27 Desember 2023 tentang netralitas pegawai ASN dan Non ASN pada pelaksanaan pemilihan umum dan pemilukada tahun 2024.

Diakhir acara Gubernur didampingi Ketua KPU Kaltara, Hariyadi Hamid memberikan keterangan pada para awak media tentang pentingnya masyarakat untuk hadiri dan datang ke Tempat Pemugutan Suara (TPS) untuk memilih nantinya.

Baca juga  Kapolda Kaltara Gelar Anev Untuk Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024

“Mari di hari H nanti kita sama-sama datang ke TPS, untuk melaksanakan hak pilih dengan sukarela dan keikhlasan, jangan golput karena hak pilih satu orang itu sangat menentukan, ASN harus netral tidak mengkampanyekan salah satu calon yang akan maju karena kita akan berikan tindakan tegas,” ucap Gubernur singkat dan tegas kepada awak media.

Acara yang dikemas oleh KPU Kaltara dengan konsep pesta rakyat tersebut mengundang artis jebolan Liga Dangdut 2018, Selfi Yamma dan juga berbagai jajanan dan kuliner kerakyatan turut memeriahkan acara. (dkisp)

Baca Juga