Banner Header

Wagub Hadiri Peringatan Hari Konsumen Nasional

redaksi

TANJUNG SELOR – Wakil Gubernur Kaltara, Dr. Yansen TP, M.Si menghadiri Kegiatan Jalan Sehat Sebagai bagian dari Peringatan Hari Konsumen Nasional (HARKONAS) ke-12 di Lapangan Agatis pada Selasa (7/5).

Turut hadir dalam acara tersebut Para Asisten, Staf Ahli, dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Panitia Pelaksana, Pegawai ASN dan Non-ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Masyarakat dan Para Peserta Jalan Sehat.

Wagub Yansen, dalam sambutannya, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan senam dan jalan sehat ini. Menurutnya, kegiatan tersebut penting dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

Baca juga  Gaji ASN Di Kaltara Naik 8 Persen

Ia mengungkapkan, konsumen yang cerdas bukan hanya memahami hak-hak mereka, tetapi juga mampu membuat keputusan yang tepat dalam bertransaksi, terutama di era digitalisasi saat ini di mana transaksi daring semakin marak.

Tema peringatan HARKONAS tahun 2024 – 2028 adalah “Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Emas”, dengan sub tema pada tahun 2024 adalah “Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi”. Melalui tema dan sub tema ini, diharapkan konsumen Indonesia dapat menjadi lebih cerdas dalam bertransaksi dan lebih aktif dalam memperjuangkan hak-hak mereka.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam peringatan HARKONAS tahun ini, termasuk senam, jalur sehat, pemberian doorprize, donor darah, talkshow perlindungan konsumen, pemeriksaan kesehatan, pameran UMKM, dan pertunjukan band dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Ia juga menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam melindungi hak-hak konsumen dan meningkatkan kualitas layanan publik. Dijelaskannya, pemerintah akan terus mengawasi dan mengawal implementasi berbagai regulasi terkait perlindungan konsumen guna menciptakan lingkungan bisnis yang sehat dan adil bagi semua pihak.

“Dalam rangka membangun konsumen yang cerdas dan memiliki martabat, diinginkan adanya peningkatan dalam Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK). Pada tahun 2023, IKK Indonesia berada pada tahap mampu dengan nilai 57,04. Namun, pada tahun 2024, ditargetkan konsumen Indonesia berada pada tahap kritis dengan target IKK sebesar 60,”jelasnya.

Baca juga  Gubernur Himbau Jaga Kondusifitas Pilkada

Wakil Gubernur berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semua yang terlibat, terutama bagi masyarakat Kalimantan Utara, untuk menjadi bijak sebagai konsumen dan membangun rasa kerukunan serta kebersamaan dalam masyarakat. Wakil Gubernur juga berkesempatan mengambil Undian sekaligus menyerahkan hadiah doorprize berupa sepeda kulkas kepada pemenang.(dkisp)

Baca Juga