Banner Header

Pemutakhiran Data Pemilih Tunggu Penyerahan DP4 Dari KPU RI

redaksi

TANJUNG SELOR – Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 mulai berjalan. Salah satu tahapan yang akan di laksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kabupaten/kota yakni pemutakhiran data pemilih.

Komisioner KPU Kaltara Nasruddin mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari KPU RI. Rencananya penyerahan DP4 itu di lakukan akhir bulan Mei.

Baca juga  30.312 KPM Di Kaltara Terima Beras Gratis Dari Pemerintah

“Cuma memang tahapan itu masih di ranahnya KPU RI, tahapannya adalah penyerahan DP4 mulai tanggal 24 sampai 30 Mei,” ujarnya kepada Kaltara News, Senin (29/4/2024).

Setelah diserahkan, kemudian disandingkan dengan jumlah data pemilih terkahir. Hasil sanding data tersebut lalu di turunkan ke KPU kabupaten/kota untuk dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang bakal di rekrut dalam waktu dekat.

Baca juga  92 CJH Asal Bulungan Siap Berangkat Ke Tanah Suci

“DP4 yang kemudian disampaikan KPU RI yang kemudian di sandingkan dengan data pemilih terakhir untuk kemudian dijadikan bahan di teruskan ke Kabupaten/Kota melalui KPU Provinsi untuk dilakukan pencocokan penilitian atau coklit,” ungkapnya.

Baca juga  KPU Bulungan Mulai Distribusikan Logistik Ke Wilayah Terjauh

“Nah untuk Pilkada sendiri akan tetap ada coklit seperti pada pemilu. Setelah di coklit kemudian data itu menjadi Daftar Pemilih Sementara, terus berproses hingga menjadi DPT

Diketahui DPT terakhir di Kaltara berjumlah 504.252 pemilih. Jumlah itu di prediksi akan mengalami perubahan. Salah satu penyebabnya karena adanya penduduk yang memasuki usia 17 tahun atau pemilih pemula. (redaksi)

Baca Juga