Banner Header

Kebutuhan Hewan Kurban Di Kaltara Tahun Ini Sekitar 3.200 Ekor

redaksi

TANJUNG SELOR – Menjelang Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1445 Hijriah. Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Utara mencatat jumlah kebutuhan pemotongan hewan kurban tahun ini mengalami peningkatan.

Kepala DPKP Kaltara Heri Rudiyono mengatakan kebutuhan pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun di Kaltara mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Tahun 2023 hewan kurban kita 2.376, perkiraan tahun ini jumlah pemotongan hewan kurban sekitar 3.200. Jadi ada cukup peningkatan,” ujarnya kepada Kaltara News, Jumat (26/04/2024).

Baca juga  Jatah Kursi Untuk Suara Parpol Yang Sama Ditentukan Dari Sebarannya

Sementara itu ketersediaan hewan kurban di Kaltara saat ini hanya mencapai 1.535 ekor, artinya ada kekurangan sekitar ribuan ekor sapi. Untuk memenuhi kekurangan itu DPKP Kaltara telah berkoorinasi dengan dinas peternakan kabupaten/kota serta para pedagang.

“Kemudian untuk ketersedian hewan kurban itu saat ini ada 1.535 ekor. Sehingga perkiraan kekurangan hewan kurban sekitar 1.600 ekor,” sebutnya.

“Ini kami coba dalam waktu segera koordinasi dengan kabupaten kota termasuk para pedagang sapi. Supaya sebelum Idul Adha jumlah kekurangan ini bisa didatangkan dari luar,” lanjutnya.

Baca juga  Petugas KPPS Lakukan Pergeseran Logistik

Lebih lanjut Heri berharap kebutuhan hewan kurban di Kaltara saat Idul Adha bisa tercukupi. Sehingga tidak terjadi lonjakan harga pada hewan kurban dan masyarakat khususnya Umat Islam bisa merayakan dengan dengan gembira.

“Harapan kita supaya teman-teman Muslim pada saat melaksanakan ibadah berupa penyembelihan hewan kurban bisa berjalan dengan wajar,” harapnya. (redaksi)

Baca Juga