Banner Header

Seleksi CPNS Akan Dibuka Tahun Ini

redaksi

TANJUNG SELOR – Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah mengeluarkan surat edaran terkat seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024.

Pelaksana Tugas (PLT) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Utara Andi Amriampa mengatakan Kemenpan-RB melalui Kantor Regional (Kanreg) VIII Banjarmasin telah mengeluarkan surat edaran terkait pengajuan usulan formasi ASN dan non ASN tahun ini oleh masing-masing pemerintah daerah.

“Baru saya terima dari menpan kanreg 8 banjarmasin itu memang ada surat untuk pengajuan usulan terkait dengan formasi 2024 asn, cuman memang dalam surat itu ditegaskan terkait dengan tindaklanjut undang-undang 20 tahun 2023 salah satu pasalnya menyebutkan bahwa sampai dengan desember 2024 itu penyelesaian terkait dengan tenaga non asn itu menjadi prioritas,” ujarnya kepada Kaltara News, Selasa (9/1/2024).

Baca juga  Gubernur Kaltara Lantik 33 Pejabat Fungsional

“Jadi dalam rangkaian itu kemudian nanti setiap instansi daerah itu diminta mengajukan usulan formasi baik itu usulan tapi dalam formasi usulan pppk itu nanti diprioritaskan, nah untuk cpns itu diprioritaskan untuk umum,” terangnya.

Terkait jumlah kebutuhan ASN maupun non ASN yang diusulkan ke Kemenpan-RB, pihaknya saat ini masih menyusun dengan berkoordinasi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, kemudian melakukan pemetaan dan Analisis Jabatan atau (Anjab), termasuk mempertimbangkan kemampuan fiskal dari jumlah formasi yang diusulkan.

“Kita sementara masih menyusun kebutuhan kita akan melakukan koordinasi bkd untuk melakukan pemetaan terkait dengan anjab termasuk sebenarnya dengan kemampuan fiskal, kaitannya dengan belanja pegawai, nah itu semua nanti unsur terbaru dalam hal berapa usulan formasi yang kita ajukan di tahun 2024,” imbuhnya.

Baca juga  Bertahun-Tahun Menunggu, Jembatan Penghubung SP 3 Ke SP 6 Akhirnya Terbangun

Lebih lanjut andi amriampa menambahkan untuk formulasi pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kemenpan-RB. “Kita belum tahu formulasinya nanti seperti apa yang akan diberikan oleh pusat,” tambahnya. (redaksi)

Baca Juga