Banner Header

Pendaftar Pemagangan Dalam Negeri Tembus 1.636 Pelamar

redaksi

TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kaltara sudah mulai melaksanakan sesi seleksi wawancara Pemagangan Dalam Negeri.

Puluhan peserta pencari kerja tampak memadati dan menunggu panggilan sesi wawancara bertempat di kantor Disnakertrans Kaltara, Lantai 2 Gedung Gadis Pemprov Kaltara, Jumat (31/5).

Kepala Seksi Pelatihan dan Produktivitas, Disnakertrans Kaltara, Jusman, S.Sos mengungkapkan telah memulai seleksi wawancara tanggal 30 – 31 Mei 2024 yang dilaksanakan serentak di 3 kabupaten/kota di Tanjung Selor, Kabupaten Tana Tidung dan kota Tarakan.

“Kemarin kuota yang kita buka hanya 171 dibagi dengan 3 kabupaten/kota sedangkan yang mendaftar sudah mencapai 1.600 lebih,” sebutnya.

Baca juga  Polda Kaltara Ungkap 13 Kasus TPPO, 19 Tersangka Dan 12 DPO

Data Disnakertrans Kaltara menyebut jumlah pendaftar Program Pemagangan Dalam Negeri sebanyak 1.636 pelamar. Dengan rincian Kota Tarakan ada 1.242 pelamar, Kabupaten Tana Tidung 23 pelamar dan Tanjung Selor 371 pelamar.

Pemagangan dalam negeri tahun 2024 ramai karena melibatkan 20 perusahaan dan instansi badan usaha dari berbagai lini sektor perhotelan, pertambangan, perkayuan dan industri lainnya, seperti PT. Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) menjadi favorit pelamar.

“Ada 1 perusahaan di Tarakan yang pendaftarnya mencapai 300 lebih, kalau yang disini itu PKN itu 380 orang pelamar,” bebernya

Baca juga  Empat Daerah Di Kaltara Belum Laksanakan Rapat Pleno

Jusman mengatakan dalam sesi wawancara tersebut bukan dilakukan oleh pihak Disnakertrans tapi langsung oleh pihak perusahaan yang mencari pemagang, yang bertujuan agar dapat menemukan calon pekerja yang sesuai kriteria perusahaan.

“Kami berikan kesempatan kepada perusahaan untuk melakukan sesi wawancara langsung kepada calon pemagang,” jelasnya.

Para pencari kerja yang lolos dalam program ini hasilnya akan diumumkan pada 4 Juni mendatang. Kemudian akan mulai magang pada 11 Juni mendatang selama 5 bulan di perusahaan atau instansi pemberi magang.

Baca juga  Operasi Keselamatan Kayan 2024, Bupati Himbau Masyarakat Disiplin Berlalu Lintas

Ia berpesan kepada para peserta magang yang lolos agar bersungguh – sungguh dalam menimba ilmu dan memberikan yang terbaik agar kedepannya bisa ditarik oleh perusahaan menjadi pegawai tetap.

“Mudah – mudahan dari situ banyak pemagang yang bisa mendapat pekerjaan, ketika ada perusahaan yang buka, mereka akan minta kita untuk mengumumkannya lewat website resmi kita,” pungkasnya.

Bagi para pendaftar pemagangan dalam negeri bisa mendapatkan berbagai informasi dengan membuka situs website yaitu siapkerja.kemnaker.go.id, ayomagangvokasi.id, dan disnakertrans.kaltaraprov.go.id.(dkisp)

Baca Juga