Banner Header

Bupati Bulungan Berharap Pembangunan PLTA Kayan Cascade Segera Teralisasi

redaksi

BULUNGAN – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade di kecamatan peso, kabupaten bulungan hingga saat ini terus berprogres. PT. Kayan Hydro Energy (KHE) selaku investor saat ini mulai mengerjakan pembangunan diversion channel atau saluran pengalihan yang dilakukan melalui peledakan.

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan adanya pembangunan PLTA Cascade memberikan dampak positif bagi masyarakat. Baik dari segi penyerapan tenaga kerja lokal maupun pemenuhan energi hijau terbarukan.

“Kita berterimakasih bahwa hadirnya PT. Kayan Hydro Energy merupakan anugrah bagi masyarakat Bulungan dengan kegiatan investasi pembangunan listrik tenaga air. Kita harapkan bahwa kehadiran investasi ini bukan hanya pemenuhan energi hijau terbarukan tapi juga memberikan juga memberikan dampak multiplayer langsung pada masyarakat khususnya yang ada wilayah Kecamatan Peso,” ujarnya kepada Kaltara News, Kamis (30/5/2024).

Baca juga  Gelar Jumat Curhat, Polda Kaltara Sampaikan Ketentuan Masuk Polri

Disisi lain pihaknya juga berharap agar pembangunan PLTA Kayan Cascade dapat terealisasi secepatnya. Pasalnya proyek ini sudah mulai dirancang sejak tahun 2012 silam, namun hingga saat ini belum ada satupun bendungan yang rampung, dari target lima bendungan yang akan dibangun.

“Tentu harapan kita lebih dipercepat kedepan lebih cepat, tadi disampaikan mudah mudahan target di 2027 sudah bisa terlaksana. Mudah-mudahan yakin dengan perhitungan ini itu merupakan komitmen bagaimana secepatnya bisa menghadirkan progres pembangunan,” harapnya.

Lebih lanjut bupati mengungkapkan pihaknya juga menyambut baik niat Hashim Djojohadikusumo yang juga adik presiden terpilih Prabowo Subianto yang tertarik menanamkan investasi di PLTA ini.

Baca juga  Kapolda Kaltara terima Surprise Dari Danrem 092/Maharajalila Bersama Jajaran Dalam HUT Polda Kaltara ke 6 Tahun

“Pada prinsipnya pemerintah daerah menyambut baik siapan pun yang ingin menanamkan investasi di Bulungan dalam berbagai hal termasuk yang dilakukan PT. KHE Bulungan,” ungkapnya. (redaksi)

Baca Juga