Banner Header

Provinsi Kaltara Kirim 2 Kader Pemuda Bela Negara

redaksi

TANJUNG SELOR – Pendidikan Kader Pemuda Bela Negara (PKPBN) di tahun 2024 telah dilaksanakan pada tanggal 13 – 21 Mei 2024 yang diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia, termasuk dari Provinsi Kaltara.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Utara, Obed Daniel LT., S.Hut,. MM., mengungkapkan bahwa seleksi Kader Pemuda Bela Negara tingkat provinsi Kaltara telah selesai, sekarang telah mengikuti pendidikan di pemerintah pusat, Selasa (21/5) lalu.

Baca juga  Suryanata: Kita Ingin Memberikan Yang Terbaik Buat Bulungan

“Saat ini Syairul Fajri dan Kanisius Kia Hinadang Peserta Pendidikan Kader Pemuda Bela Negara (PKPBN) mewakili Provinsi Kaltara tengah mengikuti kegiatan di Pusat Pelatihan Rumpin Kemhan Bogor,” katanya.

Sesuai jadwal para kader 38 provinsi ini akan mengikuti puncak pendidikan di Kemah Bakti Pemuda Nusantara pada tanggal 22 Mei hingga 11 Juni 2024 bertempat Lebak Banten.

Obed menjelaskan PKPBN ini merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) jadi dalam pelaksanaan bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) dalam menyiapkan Generasi Emas Indonesia.

“Pemuda harus berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan sebagai perwujudan dari fungsi, peran karakteristik dan kedudukan yang strategis dalam segala aspek pembangunan nasional,” terangnya.

Baca juga  Gubernur Rencanakan Peningkatan Kualitas Gedung Baru

Tanggung jawab dan peran strategis pemuda di segala dimensi pembangunan perlu ditingkatkan melalui program pemberdayaan dan pembangunan kepemudaan sebagai bagian dari pembangunan nasional.

Oleh karena itu ia mendorong generasi muda Kaltara dapat bersama-sama menghadapi berbagai perubahan zaman dan berbagai tuntutan permasalahannya. “Kegiatan ini akan selalu menjadi agenda rutin setiap tahun dengan tujuan untuk membentuk dan menciptakan pemuda Provinsi Kalimantan Utara yang kreatif dan inovatif di setiap bidang,” tuntasnya.(dkisp)

Baca Juga